Rabu, 16 November 2011

Jika Gempa Terjadi...

Jika Gempa Terjadi...

 

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia dikejutkan oleh berita dari CNN akan terjadinya gempa bumi di Indonesia akibat adanya pergeseran lempeng bumi di Australia dan menabrak lempeng bumi di Indonesia. Terlepas dari mana sumber ini di dapat dan apakah valid atau tidak, maka hal yang jauh lebih penting untuk kita persiapkan adalah bagaimana menghadapi gempa bumi jika benar-benar terjadi. Disadari atau tidak, letak geografis Indonesia memang berada di titik pertemuan tiga lempeng besar dunia yaitu lempeng Hindia-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik sehingga gempa bumi memang setiap hari dapat saja terjadi baik dalam skala kecil dan tidak dapat kita rasakan sampai skala sangat besar dan menghancurkan.
Banyak panduan menghadapi gempa yang telah dikeluarkan pemerintah maupun LSM. Tidak ada salahnya kita urai kembali pedoman tersebut untuk dapat kita pahami lebih dalam. Jika gempa benar-benar terjadi, beberapa hal di bawah ini harus kita lakukan:
1.Segera keluar dari bangunan
Jika gempa terjadi, hal yang paling penting untuk kita lakukan adalah segera keluar dari ruangan. Hanya saja kadang hal ini tidak bisa dilakukan karena beberapa hal misalnya gempa biasanya hanya terjadi dalam beberapa detik sampai menit dan kadang waktu yang pendek ini tidak cukup untuk berlari keluar ruangan, kadang kita berada di ruangan yang terletak di lantai atas atau bangunan yang luas sehingga pintu keluar sangat jauh dan memerlukan waktu beberapa menit untuk keluar. Jika ini terjadi, maka berlindung di dalam ruangan menjadi satu-satunya pilihan.
2.Berlindunglah di bawah perabotan yang strukturnya kuat.
Jika Anda tidak dapat segera keluar ruangan, segera berlindung di balik perabotan yang berbahan kuat. Meja besar dari kayu, bukan triplek, kadang dapat melindungi kita dari reruntuhan jika kita berlindung di kolong meja. Berdiri di ambang pintu terbuka kadang juga disarankan untuk mengurangi resiko terkena reruntuhan. Ingatlah untuk selalu melindungi kepala anda.
3.Jika Anda di luar bangunan, hindari bangunan tinggi
Bangunan yang tinggi kadang menjadi ancaman jiwa pada saat gempa terjadi, segera hindari bangunan yang tinggi, berlarilah ke tanah yang lapang atau ke tempat yang bangunannya relatif rendah.
4.Jongkoklah agar tidak berguling-guling
Jika Anda berada di tempat yang berupa tanjakan atau turunan
5.Jangan meloncat dari lantai atas
6.Jika berada di tempat ramai, jangan berebutan
7.Jika berada di dalam mobil, segera berhenti.

Hal-hal di atas penting untuk kita lakukan saat terjadi gempa bumi, nah untuk mempersiapkan diri kita dalam menghadapi gempa bumi, hal-hal berikut harus kita lakukan:
1.Periksalah struktur rumah Anda
2.Letakkan kunci pintu di tempat yang mudah dicapai
3.Persiapkan senter dan korek api
4.Jika di tempat umum, perhatikan pintu darurat
5.Persiapkan obat-obatan darurat di rumah
6.Ajaklah keluarga Anda berlatih
7.Bentuklah kelompok masyarakat untuk penanganan gempa bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar