Rabu, 25 Januari 2012

Imunisasi untuk diare (Rotavirus)


Saat ini telah diluncurkan vaksinasi terbaru untuk mencegah penyakit diare atau mencret pada anak. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa diare pada anak merupakan salah satu penyebab kematian di Indonesia. Penyebab dari diare kebanyakan karena infeksi Rotavirus. Untuk mencegah anak terkena penyakit ini dan mencegah keparahan penyakit jika terinfeksi virus ini, maka para ilmuwan kedokteran telah berhasil membuat vaksin rotavirus. Saat ini ada 2 macam vaksin rotavirus yang disetujui beredar di Indonesia yaitu Rotateq dan Rotarix. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali sejak bayi berumur 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Pemberiannya dengan cara diteteskan per oral.
Untuk vaksin Rotarix dosis pertama diberikan saat umur 6-14 minggu, dosis kedua diberikan dengan interval minimal 4 minggu. Sebaiknya vaksinasi Rotarix selesai diberikan sebelum umur 16 minggu dan tidak melampaui umur 24 minggu.
Untuk vaksin Rotateq dosis pertama diberikan umur 6-12 minggu, interval dosis ke 2 dan ke 3 antara 4-10 minggu, dan dosis ke 3 diberikan pada umur <32 minggu (interval minimal 4 minggu).

Sumber:IDAI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Video

Loading...

Share it