Minggu, 05 Februari 2012

Pilek terus menerus?



Mungkin anak anda sering pilek atau sering terserang pilek? Pilek merupakan gejala yang sering muncul pada anak dan kadang tidak ditanggapi orang tua karena saking seringnya anak pilek. Jika anak anda sering pilek, mungkin anak anada salah satu penderita alergi yang sering disebut dengan rhinitis alergika.
Rinitis Alergika secara klinis didefinisikan sebagai gangguan fungsi hidung, terjadi setelah paparan alergen melalui peradangan mukosa hidung yang diperantarai IgE. Respons hidung terhadap stimuli dari luar diperankan pertama-tama oleh mukosa kemudian baru oleh bentuk anatomi tulang. Fungsi utama hidung adalah untuk saluran udara, penciuman, humidifikasi udara yang dihirup, melindungi saluran napas bawah dengan cara filtrasi partikel, transport oleh silia mukosa, mikrobisidal, antivirus, imunologik, dan resonan suara. Reaksi mukosa hidung akan menimbulkan gejala obstruksi aliran udara, sekresi, bersin, dan rasa gatal. Bila tidak terdapat deformitas tulang hidung maka sumbatan hidung disebabkan oleh pembengkakan mukosa dan sekret yang kental. Penelitian epidemiologik memperlihatkan bahwa penyakit alergi dapat diobservasi mulai dari waktu lahir sampai kematian.
 
Gejala rinitis alergik dapat dicetuskan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pajanan udara dingin, debu, uap, bau cat, polusi udara, tinta cetak, bau masakan, bubuk detergen, serta bau minuman beralkohol. Umumnya faktor pencetus ini berupa iritan non spesifik.
Alergen penyebab pada bayi dan anak sering disebabkan oleh makanan alergen ingestan, sedangkan alergen inhalan lebih berperan dengan bertambahnya usia. Manifestasi klinis reaksi hipersensitivitas tipe I pada telinga, hidung dan tenggorok anak menjelang usia 4 tahun jarang ditemukan.
 
Sesuai dengan patogenesisnya, gejala rinitis alergik dapat berupa rasa gatal di hidung dan mata, bersin, sekresi hidung, hidung tersumbat, dan bernapas melalui mulut. Sekret hidung dapat keluar melalui lubang hidung atau berupa post nasal drip yang ditelan. Hidung tersumbat dapat terjadi bilateral, unilateral atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, dan gejala sinusitis. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan.
Anak yang menderita rinitis alergik kronik dapat mempunyai bentuk wajah yang khas. Sering didapatkan warna gelap (dark circle atau shiners) serta bengkak (bags) di bawah mata. Bila terdapat gejala hidung tersumbat yang berat pada anak, sering terlihat mulut selalu terbuka yang disebut sebagai adenoid face. Keadaan ini memudahkan timbulnya gejala lengkung palatum yang tinggi, overbite serta maloklusi. Anak yang sering menggosok hidung karena rasa gatal menunjukkan tanda yang disebut allergic salute.

Jika anak anda memiliki gejala seperti tersebut di atas, segera hubungi dokter anak terdekat untuk dilakukan pelacakan alergi dan terapi.

2 komentar:

  1. kalau untuk bayi, bisa menggunakan nosefrida. nosefrida ini alat sedot ingus untuk bayi. bisa lihat2 lengkapnya di http://www.dedekita.com/product/nfd001/baby-care/kesehatan/sedot-ingus-nosefrida-the-snotsucker-nasal-aspirator-kesehatan

    BalasHapus
  2. hal ini seperti yg dialami anak sy sejak 3 bulan sampai usia 1th pilek terus menerus, hampir tidak ada jeda...ingus mulai bening sampai agak kuning..mata berair, bunyi napas grok2,,tidur sering tengkurap atau gelisah..awal2 sy periksakan ke dokter anak cuma dikasih obat pilek biasa seperti rhinos selanjutnya tidak sy kasih obat lagi..di rumah ada hewan peliharaan anjing, dan suami perokok,,sebaiknya langkah apa yg harus sy lakukan, pernah ke dokte tht, beliau katanga tidak ada sinus, dan dr dokter anak 3-5 dokter pada saat pemeriksaan paru2 dgn stetoskop beliau bilang suara baik tidak ada suara cracking..tetapi kasihan kl melihat anak yg yg terus2an pilek..langkah apa yg harus sy lakukan sy kebetulan posisi juga di jogja..

    BalasHapus