Senin, 05 Desember 2011

Berapa kali normalnya bayi BAB setiap hari?

oleh: Nurcholid Umam K

Kadang-kadang seorang ibu dibuat khawatir dengan kebiasaan Buang Air Besar (BAB) anaknya. beberapa bayi yang mendapat ASI dalam sehari bisa BAB 4-6 kali dengan tinja yang lembek bahkan kadang cair. Ada juga bayi lain yang kebetulan sudah mengkonsumsi susu formula dan BAB-nya menjadi jarang, kadang sampai 2-3 hari baru BAB dengan tinja yang keras bahkan sampai anak kesakitan. Ikatan Dokter Anak Indonesia telah memformulasikan frekuensi BAB yang normal pada bayi atau anak seperti tabel berikut.

Tabel di atas menunjukkan bahwa untuk bayi usia 0-3 bulan yang mendapat ASI saja, akan mengalami defekasi atau BAB 5-40 kali dalam seminggu, itu artinya 0,7-6 kali perhari masih termasuk normal, sedangkan rata-rata bayi akan BAB 2,9 kali (sekitar 3 kali) dalam sehari.
Sedangkan bayi umur 0-3 bulan yang mendapat susu formula akan mengalami BAB lebih jarang yaitu 5-28 kali perminggu atau 0,7-4 kali perhari dengan rata-rata 2 kali perhari.
Sedangkan anak umur 6-12 bulan secara umum sudah mendapat makanan selain ASI dan akan mengalami BAB normal 5-28 kali perminggu atau 0,7-4 kali perhari dengan rata-rata 1,8 kali perhari (atau sekitar 2 kali perhari).
Anak umur 1-3 tahun akan lebih jarang lagi yakni 4-21 kali perminggu atau 0,6-3 kali perhari dengan rata-rata 1,4 kali, sedangkan anak umur lebih dari 3 tahun akan BAB 3-14 kali perminggu dengan rata-rata 1 kali perhari. Nah, ibu-ibu sudah jelaskan? Jadi apakah BAB anak Anda normal?

16 komentar:

  1. Bayi saya 3 bln 24 hari dari lahir sampai skrg beolnya 5-8 kali sehari, udh brobat ke DSA dan kmana2 ttp aja gitu. BB nambah cm 6ons trs dr lahir smpe skrg, saya takutnya grafiknya turun, tar jadi gizi buruk :(

    BalasHapus
  2. bayi saya umur 47 hari, BAB ada yg berbusa tapi tidak sering. apakah itu ada kelainan?

    BalasHapus
  3. Semenjak anak saya ganti susu formula enmam essential sudah 1 minggu ini BAB sehari 3 kali saya takut nya itu tidak normal dan jadi mengganggu berat badan nya

    BalasHapus
  4. anak saya umur nya 2 bln. udah 3 hari gak bab.
    itu knp ya?dn sbaiknya harus apa agar lancar?

    BalasHapus
  5. anak saya umur 3 bln 12 hari cuma mimi asi babnya 5-6 kali perhari ...emg stgh bln pertma disambung susu formula tp stlh itu full asi...apakah normal????

    BalasHapus
  6. Anak saya umur 1 tahun bab sehari bisa 4kali, apa itu normal? Perlu di beri obat atau tidak?

    BalasHapus
  7. bayi saya umur 3 bulan minum susu formula, bab dalam sehari 7 kali dengan feses yang lunak dan berwarna kuning terang. normalkah?

    BalasHapus
  8. Anak sy umur 2 bln asi full bab masih lbh dari 12 kali sehari,apa normal


    BalasHapus
  9. Anak sy umur 2 bln asi full bab masih lbh dari 12 kali sehari,apa normal


    BalasHapus
  10. Dokter,, anak saya umurnya 12 bulan, bab 1x sehari, bbrpa hari ini perutnya seperti begah pada mlam hari, sampe muntah,tapi siang dia ceria gak rewel g ada tanda2 sakit,bab tekstur sprti biasa tpi bau, apa normal dokter ??

    BalasHapus
  11. Ank sy 1 thn bab dlm smgu kdang cm 3 x

    BalasHapus
  12. Anak sy umur 8 bulan dan minum sufor bab 1 hr itu bisa 3-4 kli apakah normal mohon penjelasannya

    BalasHapus
  13. Normal kah anak usia 3 tahun bab seminggu cuma 2 kali?

    BalasHapus
  14. Kalau anak saya usia 1.5 bulan campur asi n sufor bab bisa 9x sehari dengan feses lembek berisi dan kuning terang apakah normal?

    BalasHapus