Rabu, 07 Desember 2011

Bagaimana mencuci tangan yang benar?

Mencuci tangan merupakan kegiatan yang sederhana, bahkan sejak kecil kita telah diajarkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau sebelum tidur. Kegiatan yang sederhana ini ternyata berdampak sangat besar terhadap kesehatan kita. Menurut penelitian WHO, dengan mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi risiko infeksi nosokomial di rumah sakit sampailebih dari 80%.
Secara umum infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapatkan penderita selama dirawat dirumah sakit. Infeksi nosokomial sukar diatasi karena sebagai penyebabnya adalah mikro organisme / bakteri yang sudah resisten terhadap anti biotika. Bila terjadi infeksi nosokomial, maka akan terjadi penderitaan yang berpanjangan serta pemborosan waktu serta pengeluaran biaya yang bertambah tinggi kadang-kadang kualitas hidup penderita akan menurun. Infeksi nosokomial disamping berbahaya bagi penderita, juga berbahaya bagi lingkungan baik selama dirawat dirumah sakit ataupun diluar rumah sakit setelah berobat jalan. Dengan pengendalian infeksi nosokomial akan menghembat biaya dan waktu
yang terbuang. Dinegara yang sudah maju masalah ini telah diangkat menjadi masalah nasional,sehingga bila angka infeksi nosokomial disuatu rumah sakit tinggi, maka izin operasionalnya dipertimbangkan untuk dicabut oleh instansi yang berwenang.
Untuk kesehatan pribadi, mencuci tangan juga sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit yang ditularkan lewat hygiene dan sanitasi yang baik. Penyakit-penyakit yang dapat dicegah misalnya diare atau muntah berak, influenza dan penyakit menular lainnya
Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?
Mencuci tangan yang baik dan benar harus sesuai kaidah kesehatan. Berikut kami tampilkan grafis tentang mencuci tangan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar