Minggu, 29 Januari 2012

Infeksi Saluran Kencing pada Anak


Infeksi saluran kemih (ISK) adalah adanya bakteri atau jamur didalam urine (air kencing) yang dalam keadaan biasa bebas kuman.
 Beberapa istilah yang direkomendasikan oleh Medical Research Council Bacteriuria Comitte  adalah:
    # ISK atas, infeksi saluran kemih bagian atas terutama parenkim ginjal, lazimnya disebut sebagai pielonefritis.
-      # ISK bawah, bila infeksi di vesika urinaria (sistitis) atau uretra. Batas antara atas dan bawah adalah persambungan vesicoureter (vesicourethral junction).
-       # ISK berulang (recurrent Urinary Tract Infection/UTI) didefinisikan sebagai berulangnya simptom serangan ISK yang ditandai dengan adanya interval masa bebas simptom/gejala. ISK berulang biasanya disebabkan oleh karena re-infeksi oleh bakteri yang sama tetapi dengan spesies atau serotipe yang berbeda dan bukan disebabkan oleh gagalnya eradikasi kuman dalam saluran kemih.
-     # ISK Relaps adalah ISK yang terjadi berulang dan  disebabkan oleh strain bakteri yang sama, walaupun pengobatan antibiotika sudah cukup adekuat. ISK relaps biasanya berhubungan dengan adanya kelainan struktur saluran kemih atau karena adanya batu saluran kemih.

 Sebagian besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroorganisme yang berasal dari flora fekal saluran gastrointestinal bawah. Mikroorganisme ini masuk ke vesika urinaria melalui uretra dan akan sampai ke ginjal melalui ureter. 
  Beberapa penelitian telah berhasil mengidentifikasi mikroorganisme penyebab infeksi saluran kencing (lihat tabel)
 
Peneliti
Jenis kuman
Frekuensi
(%)
Damanik
1990
E.coli
Pseudomonas sp
Staphylococcus sp
Proteus sp
60,7
14,3
10,7
10,7
Heldrich et al
2000
E.coli
Klebsiella sp
Enterococcus sp
84
2
5
Schoen
2000
E.coli
Klebsiella sp
Enterococcus sp
77
11
9
Samirah et al
2004
E.coli
Klebseilla sp
39,4
26,3
Harini
2004
E.coli
Klebseilla sp
39,4
26,3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar