Selasa, 10 Januari 2012

Bedakan muntah dan gumoh pada bayi



Banyak tenaga kesehatan baik perawat, bidan , dokter dan ibu-ibu yang melihat bayi yang mengeluarkan isi lambungnya keluar. Biasanya mereka panik dan segera menganggap bayi muntah-muntah. Beberapa dokter kadang langsung memberi terapi anti muntah ketika mendapat keluhan dari ibu bahwa bayinya muntah. Perlu diselidiki dulu apakah bayi tersebut benar-benar muntah atau hanya gumoh, atau reflux, atau ruminasi. Berikut kami sampaikan definisi yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia:
Muntah atau emesis adalah pengeluaran (ekspulsi) dari isi lambung ke rongga mulut yang disertai dengan kekuatan (forceful) akibat kontraksi otot perut, dinding dada, dan diafragma pada saat yang bersamaan dengan kontraksi pilorus dan terbukanya kardia lambung,.
Gastroesophageal reflux (GER) adalah pasase isi lambung ke dalam esofagus.
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gejala atau komplikasi akibat GER.
Regurgitasi atau spitting up adalah pengeluaran isi lambung yang mengalami refluks ke orofaring dan mulut tanpa disertai kekuatan (effortless). Regurgitasi dapat dibedakan secara klinis dari muntah karena tidak didahului dengan gejala prodromal, retching, kontraksi otot, dan isi lambung keluar tanpa kekuatan, .
Ruminasi adalah regurgitasi bahan makanan yang telah tertelan ke dalam mulut yang kemudian kembali dikunyah, lalu ditelan atau dikeluarkan. Ruminasi tidak disertai oleh rasa mual/nausea, retching, atau pengeluaran dengan kekuatan (forceful expulsion) dari bahan makanan. Ruminasi sering dijumpai pada anak dengan retardasi mental. Selain itu, ruminasi juga dijumpai pada anak dengan gangguan psikologis, anak terlantar, dan bayi yang mengalami rawat inap dalam waktu lama.
Possetting atau gumoh adalah keluarnya kembali sejumlah kecil susu yang terjadi sesudah minum pada bayi sehat.
Nausea atau mual adalah pengalaman subyektif yang tidak menyenangkan, tetapi bukan merupakan rasa nyeri, lokasi di epigastrium dan berhubungan dengan perasaan bahwa muntah akan segera terjadi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar