Senin, 06 Februari 2012

Diabetes Mellitus dan kehamilan


Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit yang banyak diderita orang dewasa di Indonesia. Bagaimana jika wanita yang menderita Diabetes akhirnya hamil? Tentunya banyak hal yang harus diperhatikan sehubungan dengan janin yang dikandungnya supaya tetap sehat dan tidak terjadi cacat bawaan.
Diabetes mellitus dalam kehamilan masih merupakan masalah yang memerlukan penanganan kusus karena angka kematian perinatal yang relative tinggi. Sebelum tahun 1922, tidak ada bayi dari ibu yang menderita DM dalam kehamilan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya . dalam dua dekade terakhir ini angka kematian perinatal telah dapat ditekan, sejak ditemukan insulin oleh Banting dan Best tahun 1921. dari laporan peneliti menyebutkan dengan terkontrolnya kadar glukosa darah penderita DM, maka angka kematian perinatal juga akan menurun. Angka lahir mati terutama pada kasus dengan diabetes mellitus yang tidak terkendali dapat terjadi 10 kali dibandingkan kehamilan normal. Angka kematian perinatal bayi dengan ibu DM gestasional sangat tergantung pada keadaan hiperglikemia ibu. Di klinik yang maju sekalipun angka kematian dilaporkan 3-5% dengan angka morbiditas fetal 4%.
Pengaruh diabetes terhadap kehamilan 
Pengaruh meternal bisa dibagi lagi selama kehamilan, selama persalinan dan selama nifas.
Selama kehamilan :
- Abortus. Resiko meningkat pada diabetes tak terkontrol.
- Pre eklampsia, Kontrol pre-eklampsia berhubungan dengan rendahnya mortalitas perinatal
- Hidramnion. Insidens meningkat pada diabetes tak terkontrol. Hal ini disebabkan plasenta yang besar , adanya malformasi kongenital dan poliuria janin akibat hiperglikemia.
- Persalinan prematur. Insidens meningkat bersamaan dengan meningkat disproporsi kepala panggul, malpresentasi.
Selama persalinan :
- Persalinan memanjang akibat bayi yang besar
- Distosia bahu
- Meningkatnya tindakan operatif
- Reptura jalan lahir
- Perdarahan postpartum
Selama nifas:
- Sepsis puerperalis
- Berkurang laktasi
- Meningkatnya morbiditas meternal
Pengaruh terhadap janinnya :
- Janin mati dalam rahim
- Makrosomia
- Maturasi paru terlambat
- Trauma kelahiran
- Retardasi pertumbuhan
- Malfromasi kongenital
- Meningkatnya kematian neonatal
Kehamilan dengan diabetes dihubungkan dengan peningkatan morbiditas pernatal. Bayi dari ibu diabetes mempunyai permasalahan yang unik dan membutuhkan penanganan khusus.

Pengecekan kadar gula darah secara periodik, pengaturan diet yang baik dan aktifitas fisik yang terencana akan dapat menghindarkan terjadinya kelainan pada janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar